Kamis, 23 Maret 2017

5 Kota Terbersih di Dunia, Yang Bikin Kamu Pengen Pindah Kesana!


Tinggal di kota yang bersih, terhindar dari polusi, lingkungan yang hijau dan sejuk adalah impian bagi setiap orang. Bertempat tinggal di kota yang bersih bisa membuat masyarakatnya merasa nyaman dan sehat, sehingga bisa mencetak sumber daya manusia berkualitas.

Tak hanya itu, lingkungan dan udara yang bersih bisa memperpanjang usia hidup masyarakat di kota tersebut. Kebersihan dan kenyamanan suatu kota memang bukan hanya menjadi tugas pemerintah, tetapi perlu adanya kerja sama dan kesadaran dari masyarakat agar senantiasa menjaga kebersihan di manapun mereka berada. Berikut daftar lima kota paling bersih yang ada di dunia :

1. Calgary, Kanada


Kota ini terletak di antara Pegunungan Rocky dan hamparan padang rumput yang luas, sehingga tidak heran jika Calgary dipenuhi oleh pepohonan hijau dan lingkungan yang bersih. Kota ini memiliki sistem sanitasi terbaik dan tingkat kebersihan nomor satu di dunia. Selain itu, pemerintah Kota Calgary juga melakukan upaya pengolahan limbah dengan baik serta selalu berupaya mengurangi limbah yang ada.

Dengan minimnya limbah, seluruh sungai di kota tersebut mengalir dengan jernih dan bersih. Atas populasi yang melebihi satu juta penduduk, Calgary sukses merawat lingkungan dengan baik semisal sungai dan hutan yang memberikan udara segar.
*Baca Juga : 9 Design Unik Sawah di Jepang Ini, Bikin Kamu Pingin Kesana!

Tak hanya itu, penduduk Calgary juga memiliki tingkat kesadaran tinggi guna selalu menjaga kebersihan. Tak heran jika kota ini mendapatkan peringkat pertama sebagai kota tebersih di dunia.

2. Honolulu, Hawai



Kota ini terletak di Pulau Oahu yang termasuk salah satu tujuan wisata paling terkenal di dunia. Sebagai kota wisata, Honolulu berhasil menjaga kebersihan dan keindahan kota sehingga membuat daya tarik tersendiri untuk wisatawan.

Honolulu terdapat banyak tumbuhan hijau dan bunga-bunga yang cantik yang ditanam di seluruh penjuru kota agar terlihat cantik. Hal ini membuat kota tersebut memiliki pemandangan menakjubkan dan masuk ke dalam daftar kota paling bersih di dunia.

Kesadaran penduduk Honolulu guna menjaga kebersihan sangat tinggi dan enggan membuang sampah sembarangan. Pemerintah kota tersebut menyediakan fasilitas tempat sampah di seluruh area publik sekalian pengolahan sampah yang baik, sehingga tingkat kebersihan di Honolulu mendapatkan predikat A. Tak hanya itu, setiap sudut kota ditata secara rapi dan bersih guna memanjakan para turis yang datang.

3. Minneapolis, Amerika Serikat


Minneapolis dinobatkan sebagai kota tebersih nomor satu di Amerika Serikat oleh majalah Forbes. Di kota ini pemerintahnya menggunakan larangan merokok di tempat umum sehingga penduduknya bisa bernapas lega dan tetap sehat tanpa adanya gangguan asap rokok. Tak hanya itu, pemerintah Minneapolis juga membangun jalur sepeda guna mengurangi jumlah penggunaan kendaraan sehingga mengurangi polusi udara.

Sejumlah taman hijau banyak dibangun di kota ini dan kerap digunakan oleh penduduknya sebagai tempat guna bersantai. Jika dilihat dari sejarahnya, secara harfiah Minneapolis merupakan gabungan dari kata ‘air’ dalam bahasa suku Dakota dan kata ‘kota’ dalam bahasa Yunani. Sehingga, apabila digabungkan Minneapolis memiliki arti Kota Air.
*Baca Juga : Teknologi Budidaya Padi Salibu, Sekali Tanam Bisa Tiga Kali Panen

Ini karena kota tersebut memiliki 12 danau dan lima kolam ikan yang terletak di taman-taman kota. Perawatannya yang baik menjadikan kota ini mendapat predikat sebagai kota paling bersih di dunia.

4. Kobe, Jepang


Jepang sudah terkenal dengan budaya disiplin dan memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi, tidak heran banyak kota di negara tersebut yang memiliki lingkungan bersih dan sehat. Kobe merupakan kota terbesar keenam di Jepang dan memiliki drainase yang paling baik di dunia.

Setiap saluran air yang bercampur limbah dan kotoran tidak dibuang ke sungai, tetapi ke sebuah penampungan khusus. Sehingga, sistem seperti ini membuat sungai menjadi bersih dan mengalir dengan teratur.

Kobe ialah kota yang memiliki pemandangan indah dengan gabungan antara laut dan gunung. Meskipun disibukkan oleh pekerjaan, penduduk di kota ini diajarkan guna tetap mengapresiasi dan menjaga tanah mereka. Tak heran jika kota sangat bersih, nyaman, dan keindahan alamnya terjaga dengan baik.

5. Kopenhagen, Denmark


Kopenhagen menjadi salah satu pusat kota budaya di Denmark, oleh sebab itu banyak wisatawan yang berkunjung ke kota tersebut. Kopenhagen mendapat predikat sebagai kota tebersih di Eropa, berdasarkan hasil survei yang dilakukan secara proaktif terhadap wisatawan dan pengunjung dari berbagai belahan negara. Selain itu, kota ini juga dinobatkan sebagai kota paling hijau di dunia.

Kopenhagen termasuk kota yang tersusun dengan baik dan mempunyai level servis paling tinggi. Warga dan pemerintah setempat sepakat guna selalu berupaya menjaga kota agar tetap bersih dan terbebas dari polusi.

Hal ini bisa dilihat dari kebiasaan penduduknya yang lebih memilih guna bersepeda dan berjalan kaki guna menuju tempat aktivitas. Selain itu, masyarakat di kota ini juga memanfaatkan sampah sebagai kebutuhan energi. Jadi, tak heran jika kota ini mempunyai lingkungan yang segar, bersih, dan sehat.

*Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar