PRODUSEN KANTONG SAMPAH PLASTIK

PRODUSEN KANTONG SAMPAH PLASTIK (TRASH BAG)
Melayani pemesanan kantong sampah plastik hitam & warna, baik untuk perkantoran, supermarket, hotel, dan apartemen. Kami juga melayani pemesanan kantong sampah medis untuk rumah sakit. Barang tidak ready, hanya melayani pemesanan, ukuran sesuai permintaan (custom), minimal pemesanan 300kg per ukuran.

HUBUNGI KAMI:
SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
Phone/Fax: 031- 8830487
Email: limcorporation2009@gmail.com

Beginilah Cara Praktis Menanam Jamur Tiram Untuk Para Pemula

Jual Kantong Sampah High Quality - Lim Corporation

Siapkanlah rumah tanam atau kumbung. Di dalamnya, buatlah bak semen berukuran 4 m x 1 m. Bak semen perlu dibersihkan dari hama dengan penyemprotan larutan formalin 1%. Setelah disemprot, kemudian taburi dengan air kapur. Kumbung harus ditutupi dengan plastik agar kebersihan tetap terjaga serta terhindar dari udara terbuka. Perlakuan ini dilakukan selama 2 minggu sebelum penanaman. Tiga hari sebelum penanaman perlakuan sanitasi tersebut diulang kembali.

Media tanam yang digunakan terdiri dari 100 kg serbuk gergaji, dedak atau katul sebanyak 5%, kapur 2%, polard 5% dan air 60-70%. Pertahankan pH media tanam pada sekitar angka 6. Media tanam yang telah tercampur merata tersebut, kemudian dimasukkan ke dalam kantong atau karung plastik sebanyak 10 kg. Media dalam karung ini disterilkan sekitar 12 jam. Jika box pensterilan yang digunakan dapat diatur suhunya hingga 1200 C, proses pemanasan cukup 3-4 jam saja.

Setelah media tanam dingin, langkahb selanjutnya media dalam kantong plastik dikeluarkan lalu ditaburkan ke atas bak semen dengan ketebalan 20 cm. Tetapi, sebelumnya, ditabur dulu bibit jamur tiram di dasar bak semen. Takaran pemberian bibit untuk luasan 2-3 meter persegi setara dengan bibit 1 kg baglog. Setelah bibit tersebar merata, maka saatnya ditaburkan media tanam hingga merata. Pada dasarnya, kelebihan dari budidaya jamur tiram tanpa baglog ini adalah menghemat pemakaian kantong plastik yang harganya mahal itu.

Baca Juga:
Media ini masih perlu diberi bibit tambahan. Caranya, buatlah lubang tanam berjarak 5 cm x 10 cm atau bisa disesuaikan dengan kondisi bak. Lalu benamkan bibit ke dalam lubang tambahan dengan bantuan pinset. Tutup kembali lubang dengan media, namun jangan ditekan. Cukup diratakan saja dengan papan.

Lapisi media tanam dengan kertas Koran serta plastik. Lapisan pertama berupa Koran yang berguna untuk menjaga kelembaban. Yang kedua dengan lapisan plastik yang berguna untuk menutupi seluruh media agar rapat. Plastik yang dipilih bukan harus mahal maupun tahan panas. Mulsa plastik dapat dipakai. Agar lapisan plastik ini tidak mudah terlepas, gunakan batu bata sebagai pemberat atau diikat secara melintang dengan bantuan tali atau bambu.

Lakukanlah pengecekan pada minggu ke-2 hingga ke-3 untuk budidaya jamur tanpa baglog ini. Pada saat itu, miselium telah berkembang menjalar meskipun belum penuh. Agar tumbuh lebih subur, rangsang penyebaran miselium dengan membuat lubang di antara miselium yang belum menyebar di sisinya. Cara ini akan membuat aerasi lancar sehingga memicu pertumbuhannya miselium. Ketika pembuatan lubang, gunakanlah tongkat yang telah disterilisasi secara perlahan-lahan agar miselium tidak mudah rusak.


Awasi kehadiran media yang terkontaminasi oleg jamur jenis lain. Atasi dengan semprotan fungsida. Cara lain yang lebih aman adalah dengan menaburkan garam dapur atau disiram air garam di atasnya. Alternatif lainnya menggunakan larutan formalin sekitar 1% dan probiotik 1-2%. Pada minggu ke-4 hingga ke-5, perkembangan miselum telah hampir penuh. Lapisan kertas Koran yang menghalangi pertumbuhan terhadap miselium diangkat. Nantinya, pinhead atau calon jamur kecil akan mulai muncul. Segera saja lapisan plastik yang menyelimuti media digeser. Seminggu kemudian, lapisan plastik telah bisa dibuka kemudian lakukan semprot kabut agar tumbuh pinhead. Pada saat itu pertumbuhan miselium telah memenuhi media.

Hasil akhir budidaya jamur tiram tanpa baglog ialah pemanenan jamur yang sudah berukuran cukup besar. Pengambilan jamur tersebut harus secara hati-hati, jaga jangan sampai merusak bagian miselium yang masih bisa muncul pinhead lagi. Cara pemetikannya, yaitu dengan cara memutar batangnya sambil sedikit diangkat. Dengan cara ini, jamur akan terlepas dari media, sementara media akan tetap utuh.

Dari hasil uji coba budidaya jamur tiram tanpa baglog ini dapat dihasilkan 400 gram jamur dari 1 kg media. Memang sedikit namun lebih ringan jika dibandingkan menggunakan baglog yang dapat mencapai 500 gram tiap 1 kg media. Tetapi, penanaman jamur tiram tanpa baglog dapat didongkrak hasilnya dengan cara perlakuan sterilisasi yang lebih cermat.

Jual Kantong Sampah Harga Pabrik

*Info lengkap mengenai harga Kantong Sampah Plastik silahkan klik DISINI

Bila Anda membutuhkan dan ingin memesan Kantong Sampah Plastik atau Plastik Pertanian & Perkebunan untuk budidaya tanaman atau untuk pembibitan atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

CATATAN:
- Minimal order 300 kg/ukuran/warna, ukuran custom
- Harga netto (tdk termasuk PPN)
- Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
- Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Beginilah Cara Praktis Menanam Jamur Tiram Untuk Para Pemula"

Posting Komentar

LANGGANAN