PRODUSEN KANTONG SAMPAH PLASTIK

PRODUSEN KANTONG SAMPAH PLASTIK (TRASH BAG)
Melayani pemesanan kantong sampah plastik hitam & warna, baik untuk perkantoran, supermarket, hotel, dan apartemen. Kami juga melayani pemesanan kantong sampah medis untuk rumah sakit. Barang tidak ready, hanya melayani pemesanan, ukuran sesuai permintaan (custom), minimal pemesanan 300kg per ukuran.

HUBUNGI KAMI:
SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
Phone/Fax: 031- 8830487
Email: limcorporation2009@gmail.com

Manfaatkan Botol Bekas Untuk Menanam Tanaman Hidroponik

Jual Kantong Sampah High Quality - Lim Corporation

Pada kesempatan kali ini kita akan memberikan informasi mengenai bagaimana cara menanam hidroponik dengan botol bekas. Kita semua pasti sering melihat serta merasakan langsung akan masalah sampah plastik yang dibuang sembarangan disekitar kita. Hal ini memang mengakibatkan terjadinya pencemaran lingkungan serta juga mengurangi keindahan lingkungan itu sendiri.

Memang sampah plastik ini tidak bisa diuraikan oleh mikroba pengurai sehingga sangat susah membusukknnya. Bila kita membakarnya, maka asapnya justru mencemari udara yang mana bila terhirup akan membahayakan kesehatan tubuh manusia. Salah satu bentuk sampah plastik adalah botol plastik. Nah, daripada botol plastik ini bertebaran mencemari lingkungan, maka kita memanfaatkannya menjadi sesuatu yang sangat berguna. Salah satu cara untuk memanfaatkan botol bekas yaitu dengan menjadikannya sebagai media hidroponik. 

Cara menanam hidroponik dengan botol bekas adalah salah satu langkah yang dapat anda ambil guna mengurangi dampak pencemaran lingkungan akibat sampah yang berbahan plastik. Seperti yang kita ketahui bahwa menanam tanaman tak akan pernah merugikan kita. Selain dapat menyegarkan suasana lingkungan, kita juga bisa mendapatkan manfaat dari daun atau buahnya bila itu adalah tanaman jenis sayuran atau buah-buahan.

Baca Juga:
Cara menanam hidroponik ini nantinya kita tidak perlu menggunakan media tanah guna dasar tanaman namun menggunakan bahan lainnya seperti botol bekas inilah yang akan kita gunakan menjadi wadah penampungnya. Nah untuk mengetahui cara menanam hidroponik dengan botol bekas, maka anda bisa membaca artikel ini langkah-demi langkah cara membuat botol bekas menjadi media hidroponik. Langkah-langkah membuatnya yakni sebagai berikut:

1. Memilih Botol Plastik Yang Sesuai

Langkah pertama kita memang harus memilih botol plastik yang sesuai. Sesuai dengan ukuran tanaman yang hendak kita tanam. Untuk menanam tanaman yang berukuran kecil seperti jenis bunga serta beberapa jenis sayuran maka kita dapat memanfaatkan botol berukuran 500 ml kebawah.

Untuk menanam tanaman berukuran sedang, maka kita dapat memanfaatkan botol berukuran 1 Liter serta untuk menanam tanaman berukuran sedang keatas, maka kita dapat memanfaatkan botol ukuran 2 Liter atau lebih.

2. Memodifikasi Bentuk Botol

Seperti yang kita ketahui bahwa bentuk botol biasanya mengecil terhadap bagian kepalanya. Bila kita gunakan untuk menanam maka mungkin kita akan kesulitan untuk melakukan perawatan tanaman nantinya maka dari itu kita perlu memodifikasi bentuknya.

Kita dapat memotong 1/3 bagian atas botol sehingga didapat bentuk seperti gelas besar ,dengan bentuk seperti ini kita akan lebih leluasa untuk merawat tanaman nantinya serta batang tanaman juga dapat tumbuh dengan maksimal. 

3. Memberikan Lubang Pori-Pori Drainase

Ini tidak boleh sampai terlewatkan terhadap cara menanam hidroponik dengan botol bekas. Walaupun tanaman membutuhkan air, maka bukan berarti airnya tergenang. Air yang disiramkan juga perlu bisa lekas kering supaya akar tanaman tidak mati atau busuk.

Sebab menanam di botol, maka kita perlu membuat lubang pori-pori drainase. Anda dapat menusuk-nusuk dinding serta alas botol menggunakan jarum besar atau paku. Jangan membuat lubang terlalu besar sebab nantinya malah dapat membuang kandungan media tanam didalam botol.

4. Menyiapkan Media Tanam Pengganti Tanah

Sebab menanam menggunakan metode hidroponik maka tidak perlu menggunakan tanah, anda dapat menggunakan beberapa bahan lain guna menggantikan tanah seperti sekam, serabut kelapa, pasir, serbuk kayu kerikil halus dll.

Yang paling bagus yakni mencampurnya dengan komposisi seimbang. Anda dapat menyiapkan campuran sekam : serbuk kayu : pasir : serabut kelapa halus : kerikil halus dengan perbandingan 2:2:2:2:1. Setelah dicampur merata maka masukkanlah kedalam wadah botol hingga hampir penuh. 

5. Mengatur Peletakkan Botol

Bila hendak menanam dengan skala yang besar, maka anda perlu mengatur tata letak serta posisi botol supaya dapat tersusun rapi yang mana ini sangat berpengaruh terhadap kemudahan proses perawatan tanaman nantinya. Anda dapat menyusunnya berbaris dipermukaan tanah atau membuatkan rak susun sehingga peletakan botol bertingkat-tingkat. Maka itu tergantung pula jenis tanaman yang hendak anda tanam.

Yang tak kalah penting adalah memastikan botol diletakkan pada tempat yang terpapar sinar matahari langsung sebab tanaman sangat memerlukan cahaya matahari dalam berfotosintesis serta melakukan metabolisme.


6. Membuat Sistem Pengairan

Ini sebenarnya bagian dari inovasi yang akan memudahkan anda untuk proses penyiraman tanaman nantinya. Untuk memudahkan penyiraman, kita dapat memanfaatkan selang kecil sebagai sarana distribusi air ke setiap tanaman.

Ini mirip dengan metode impus namun selang tadi berukuran kecil yang dilewatkan ke setiap botol lalu selang yang berada tepat diatas botol kita lubangi supaya nantinya air yang mengalir melalui selang akan mengucur ke dalam botol guna menyirami tanaman. Ujung selang kita hubungkan dengan wadah tampungan air yang besar seperti tempanya kemudian pada ujung satunya kita sumbat. Jadi anda cuma tinggal mengisi air saja dalam tempayan yang otomatis akan mengalir ke setiap tanaman hidroponik melalui selang tadi.

7. Memberikan Pupuk Dasar Dalam Botol

Tanaman yang ditanam nantinya juga membutuhkan nutrisi guna tumbuh kembang. Oleh sebab itu kita harus memberikan pupuk dasar yang mempunyai kandungan nutrisi unsur hara yang seimbang. Yang terbaik adalah memadukan pupuk organik dengan pupuk buatan dengan komposisi seimbang. Seperti bila anda menggunakan 10 kg pupuk kandang maka anda dapat mencampurnya dengan 1 – 2 ons pupuk buatan yang terdiri dari Phonska + SP 36 + KNO3 dengan perbandingan 2 : 1 : 0,1 .

8. Menanam dan Merawat Tanaman

Bila media tanam botolnya telah siap, maka anda dapat segera menanam tanaman. Setelah ditanam maka anda perlu juga melakukan perawatan yang meliputi penyiraman, pemupukan susulan dan penyiangan.

Untuk interval serta ketentuan perawatan lainnya maka berbeda-beda setiap tanaman. Supaya hasilnya lebih bagus, maka kami akan memberikan beberapa Tips sukses cara menanam hidroponik dengan botol bekas. 

Tips Sukses Menanam Hidroponik Dengan Botol Bekas

Berikut adalah beberapa tips suksesnya yaitu sebagai berikut:
  • Untuk tanaman yang ditanam dengan botol pada dalam ruangan maka anda perlu meletakkan botolnya didekat jendela kaca tembus cahaya atau anda dapat mensiasatinya dengan menggunakan lampu fotosintesis.
  • Sebab media perkembangan akar sangat terbatas, maka anda perlu sering menambahkan pupuk bukan hanya pada area perakaran, tetapi juga menyemprotkan pupuk organik cair terhadap area daun dan batang tanaman sehingga dapat diserap tanaman untuk mengimbangi kebutuhan asupan nutrisi tanaman
  • Gunakan ZPT guna mempercepat laju pertumbuhan tanaman dengan catatan harus diimbangi dengan asupan pupuk yang memadai
  • Bila dirasa ukuran tanaman terlalu besar serta botol kurang muat guna menampung karnya maka anda dapat memindahkan tanaman ke botol lain atau pot, tetapi harus dengan ekstra hati-hati supaya jangan sampai merusak akar tanaman terlalu banyak. Cara mudahnya anda dapat menggunakan cutter guna membuat lubang-lubang yang lebih besar disekeliling dinding serta dasar botol kemudian tanaman dimasukkan ke pot yang lebih besar bersamaan dengan botolnya.
Jual Kantong Sampah Harga Pabrik

*Info lengkap mengenai harga Kantong Sampah Plastik silahkan klik DISINI

Bila Anda membutuhkan dan ingin memesan Kantong Sampah Plastik atau Plastik Pertanian & Perkebunan untuk budidaya tanaman atau untuk pembibitan atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

CATATAN:
- Minimal order 300 kg/ukuran/warna, ukuran custom
- Harga netto (tdk termasuk PPN)
- Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
- Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaatkan Botol Bekas Untuk Menanam Tanaman Hidroponik"

Posting Komentar