PRODUSEN KANTONG SAMPAH PLASTIK

PRODUSEN KANTONG SAMPAH PLASTIK (TRASH BAG)
Melayani pemesanan kantong sampah plastik hitam & warna, baik untuk perkantoran, supermarket, hotel, dan apartemen. Kami juga melayani pemesanan kantong sampah medis untuk rumah sakit. Barang tidak ready, hanya melayani pemesanan, ukuran sesuai permintaan (custom), minimal pemesanan 300kg per ukuran.

HUBUNGI KAMI:
SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
Phone/Fax: 031- 8830487
Email: limcorporation2009@gmail.com

Cara Pengelolaan Limbah Sampah Medis dengan Kantong Sampah

Jual Kantong Sampah Best Quality - Lim Corproation

Kantong sampah guna keperluan medis berbeda dengan kantong sampah plastik dengan umumnya. Secara fisik kantong sampah plastik guna keperluan medis sering diberi warna kuning, biasanya ditandai dengan simbol infeksius. Kemudian apa perbedaannya dengan kantong sampah plastik masyarakat?

Limbah Medis Lebih Kompleks

Secara spesifik, karakteristik sampah medis mempunyai sifat infeksius atau toksik. Jika tanpa pengelolaan khusus, maka pencemaran sampah medis lebih akut daripada sampah masyarakat. Kesalahan atau kekeliruan akan berdampak gangguan baik petugas, pasien ataupun pengunjung.

Baca Juga:
Berdasarkan kajian WHO pada tahun 2002 menunjukan bahwa timbulan sampah medis dari kegiatan rumah sakit telah mencapai sekitar 0,14 kg/bad/hari. Sementara sampah medis di puskemas sebesar 7,50 gr/pasien/hari. Sampah tersebut sebagian besar adalah sisa dari kegiatan immunisasi (65%).

Walaupun sampah medis berbahaya dalam kategori B3 mungkin cuma sekitar 20%. Akan tetapi bila terjadi penanganan yang salah terhadap pengolahan limbah, maka bisa berakibat fatal. Dibutuhkan penghancuran sampah terhadap tahap akhir dengan pembakaran pada suhu 10000 celcius. Oleh karena itu sampah medis golongan B3 ini tidak boleh tercampur dengan limbah lainnya.


Dibutuhkan Kantong Plastik Khusus terhadap Proses Penyimpanan

Kantong sampah plastik khusus medis tentu memerlukan kriteris tertentu yang lebih kuat serta terorganisir. Sesuai dengan Keputusan MenKes R.I. No.1204/MENKES/SK/X/2004 bahwa tempat sampah dan kantong sampah medis dibagi dalam 5 (lima) bagian, yaitu:
1.Limbah infeksius dan limbah patologi, penyimpanannya guna tempat sampah berplastik kuning.
2.Limbah farmasi (obat kadaluarsa), penyimpanannya untuk tempat sampah berplastik coklat.
3.Limbah sitotoksis merupakan limbah berasal dari sisa obat pelayanan kemoterapi. Penyimpanannya terhadap tempat sampah berplastik ungu.
4.Limbah medis padat tajam misalnya pecahan gelas, jarum suntik, pipet dan alat medis lainnya. Penyimpanannya dengan safety box/container.
5.Limbah radioaktif ialah limbah berasal dari penggunaan medis ataupun riset di laboratorium yang berhubungan dengan zat-zat radioaktif.


Penyimpanannya pada Tempat Sampah Berplastik Merah.

Setiap kantong sampah tersebut perlu mempunyai sifat yang kuat, tidak mudah berlumut, tidak gampang bocor, tidak gampang sobek atau pecah selama penyimpanan atau pengankutan, serta memiliki tutup dan tidak overload. Selain itu, penampungan terhadap pengelolaan sampah medis sudah mempunyai SOP khusus sebagai standarisasi kantong sebagaimana yang ditetapkan dalam Permenkes RI. No.986. Penghancuran sampah terhadap tahap akhir dengan pembakaran pada suhu 10000 celcius.

Secara terperinci, SOP penanganan sampah medis dimulai pada penyimpanan dengan pemisahan antara sampah medis serta sampah non medis. Pengumpulan dan pengangkutan dilakukan bersama pada menggunakan alat yang sama. Setelah itu dilakukan pemusnahan di incenerator dengan suhu pembakaran sekitar 1000ÂșC dengan waktu minimal 4 jam. Hasil pembakaran berupa residua atau abu lalu dimasukkan ke dalam drum besar setelah itu ditutupi dengan lapisan semen.

Pengendalian sampah medis memang sensitif terhadap dampak, bahkan bila berbagai pusat layanan kesehatan yakni puskesmas, rumah sakit, ataupun pelaku professional kesehatan biasanya mengabaikan SOP yang telah ditentukan terhadap kementrian kesehatan. Dari hasil pengamatan yang dilakukan Direktorat Jenderal Pemberantasan Penyakit Menular serta Penyehatan Lingkungan Departemen Kesehatan, telah terungkap dari 700 rumah sakit yang dibuktikan, sebanyak 49% belum mempunyai instalasi pengolahan sampah medis. Data pada tahun 2003 ini memang bukan representasi dari kondisi terkini di tahun 2016.

Jual Kantong Sampah Harga Pabrik
*Info lengkap mengenai harga Kantong Sampah Plastik silahkan klik DISINI

Bila Anda membutuhkan dan ingin memesan Kantong Sampah Plastik atau Plastik Pertanian & Perkebunan untuk budidaya tanaman atau untuk pembibitan atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

CATATAN:
- Minimal order 300 kg/ukuran/warna, ukuran custom
- Harga netto (tdk termasuk PPN)
- Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
- Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Pengelolaan Limbah Sampah Medis dengan Kantong Sampah"

Posting Komentar