PRODUSEN KANTONG SAMPAH PLASTIK

PRODUSEN KANTONG SAMPAH PLASTIK (TRASH BAG)
Melayani pemesanan kantong sampah plastik hitam & warna, baik untuk perkantoran, supermarket, hotel, dan apartemen. Kami juga melayani pemesanan kantong sampah medis untuk rumah sakit. Barang tidak ready, hanya melayani pemesanan, ukuran sesuai permintaan (custom), minimal pemesanan 300kg per ukuran.

HUBUNGI KAMI:
SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
Phone/Fax: 031- 8830487
Email: limcorporation2009@gmail.com

Pujo Bae Alias Mesin Pemilah Canggih untuk Solusi Sampah

Jual Kantong Sampah Harga Murah - Lim Corporation

Suara mesin menderu di hanggar tempat pengolahan sampah terpadu (TPST) yang dikelola Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Barokah di Desa Karangcegak, Kecamatan Sumbang, Banyumas, Jawa Tengah (Jateng) pada Minggu (5/5) lalu.

Ada pekerja yang memasukkan sampah ke dalam mesin. Ada plastik, daun, sisa makanan dan lainnnya. Begitu masuk ke dalam mesin, hasil keluaran sampah beragam. Di bagian depan mesin, mengeluarkan semacam bubur hasil dari sampah organik. Tak hanya itu, ada juga sampah organik padat bersama dengan plastik yang dikeluarkan di bagian belakang mesin. Ada alat yang menampung sampah keluar dan bergerak secara otomatis. Di situlah, para pekerja berjajar untuk memunguti sampah plastiknya.

Baca Juga:

Kreasi alat Pujo Hartono itu masuk 10 besar dalam Lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) pada September 2018 lalu. Secara otomatis, peralatan itu dicatatkan untuk mendapatkan hak kekayaan intelektual (HAKI) secara otomatis. Mesinnya dinamakan Pujo Bae. “Kalau sekarang prosesnya masih dalam merek dagang, belum sampai ke hak paten. Tetapi bersyukurlah, alat ini telah diakui,” kata Pujo Hartono saat ditemui di Hanggar TPST Karangcegak.

Ide mengenai penciptaan peralatan pemilah sampah muncul sejak 6 tahun silam, ketika dirinya masih menjabat sebagai Kades Karangreja, Kecamatan Karangreja, Purbalingga. Ketika itu, ada ide dari pemuda untuk membuat bank sampah. Tentu saja, gagasan itu menarik karena akan mengelola sampah dari seluruh desa. “Setelah berjalan menjadi bank sampah, ternyata justru memunculkan persoalan yang tidak tuntas. Bank sampah itu umumnya hanya mengambil sampah anorganik yang memiliki nilai ekonomis, seperti plastik, kardus dan logam. Kisarannya hanya 30% dari total sampah, sehingga tersisa 70% sampah organik. Ini yang kemudian menimbulkan masalah, karena setiap hari sampah kian menumpuk,” ungkap Pujo.

Atas persoalan itulah, Pujo yang ayahnya seorang mekanik dan dirinya juga suka dengan bidang permesinan, akhirnya berupaya untuk membuat alat pemilah sampah. Tujuannya sebetulnya, bagaimana agar sampah dapat dikelola secara maksimal, baik itu sampah anorganik maupun organik.

“Dalam perkembangannya, akhirnya terbentuk mesin pemilah sampah. Setiap saat, kami terus melakukan perubahan dan pembaruan. Hingga kini, mesin pemilah dan pencacah telah mengalami modifikasi hingga 14 kali. Secara teknis, generasi terakhir mesin pemilah dan pencacah sampah, mampu memilah tiga jenis sampah sekaligus. Yakni sampah organik yang telah menjadi bubur, kemudian sampah organik kering serta sampah anorganik. Semuanya berguna, tinggal tindak lanjut pengelolaan masing-masing pihak yang memanfaatkan mesin,” katanya.

Dalam perkembangkan selama 6 tahun terakhir, mesin Pujo Bae telah dimanfaatkan oleh sejumlah daerah. “Kalau untuk generasi yang terakhir ini, yang telah memanfaatkan di antaranya adalah Desa Pancasan, Ajibarang, kemudian TPST Karangcegak, Sumbang, bahkan ada pula yang telah sampai ke Bali. Banyak yang tertarik, karena harganya juga murah. Banyak mesin pemilah sampah, tetapi mungkin lebih mahal. Kalau kami hanya menjual dengan harga Rp32,5 juta, tetapi pajak pembelian ditanggung yang membeli. Sampai sekarang, kami terus melakukan penyempurnaan terhadap mesin tersebut agar di kemudian hari lebih bagus lagi. Kalau generasi sebelumnya juga sudah dijual ke Demak, Kudus, Pati, Temanggung, Purbalingga dan lainnya,” katanya.

Pujo mengatakan, kapasitas mesin pemilah saat sekarang sudah cukup baik, karena per jam mampu memilah 3 kubik per jam pada musim penghujan karena sampah basah dan sekitar 5 kubik per jam ketika kemarau karena sampah kering.

“Kalau selama seharian, ada sekitar 14 ton sampah yang dapat dipilah. Seperti yang kami praktikkan di TPST Karangcegak ini, satu mesin sudah dapat dioptimalkan untuk memilah sampah. Namun, sebetulnya masih dapat dimaksimalkan lagi kalau posisi mesin pemilah berada di bawah tempat penampungan sampah, sehingga tidak perlu ada pekerja menumpahkan sampah ke bagian atas mesin,” jelasnya.


Butuh Lebih Banyak Mesin

Sekretaris KSM Barokah Joko Prayitno mengatakan sejak beroperasi pada 2 Januari 2019 lalu, baru beberapa waktu terakhir menggunakan mesin pemilah sampah Pujo Bae. “Tetapi, kalau hanya satu mesin pemilah, masih sangat kurang. Setidaknya, kami membutuhkan 4 mesin pemilah sampah, karena setiap harinya TPST Karangcegak ini mengelola setidaknya 40 ton sampah setiap hari. Sampah yang masuk ke TPST berasal dari lima kecamatan yakni Sumbang, Baturraden, Purwokerto Utara, Kembaran dan Sokaraja,” jelasnya.

Sementara ini, lanjut Joko, dari sekitar 40 ton, baru 30% saja yang dapat dimanfaatkan, yakni sampah anorganik maupun sampah organik. Sehingga, untuk residu yang tidak dapat dimanfaatkan, pihak TPST masih melakukan pembakaran dan tetap ada residunya. “Nah, dengan adanya mesin pemilah sampah ini, maka kami akan optimal dalam mengelola sampah, karena seluruh sampah yang masuk dapat dikelola nantinya,” katanya.

Joko menjelaskan, kalau dengan mesin pemilah sampah, maka sampah anorganik seperti plastik sudah terpisah dengan sampah organik. Sedangkan sampah organik juga ada dua jenis, yang telah jadi bubur, maupun yang kering tercacah.

“Kalau untuk sampah anorganik atau plastik jelas bernilai ekonomis, karena ada yang memanfaatkan dengan mendaur ulang. Sedangkan untuk sampah organik, sebetulnya dapat dimanfaatkan untuk pupuk organik atau bisa dijadikan sebagai media pembudidayaan lalat tentara hitam atau black soldier fly (BSF),” ujarnya.
Produsen Kantong Sampah Plastik
*Info lengkap mengenai harga Kantong Sampah Plastik silahkan klik DISINI

Bila Anda membutuhkan dan ingin memesan Kantong Sampah Plastik atau Plastik Pertanian & Perkebunan untuk budidaya tanaman atau untuk pembibitan atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

CATATAN:
- Minimal order 300 kg/ukuran/warna, ukuran custom
- Harga netto (tdk termasuk PPN)
- Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
- Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pujo Bae Alias Mesin Pemilah Canggih untuk Solusi Sampah"

Posting Komentar