PRODUSEN KANTONG SAMPAH PLASTIK

PRODUSEN KANTONG SAMPAH PLASTIK (TRASH BAG)
Melayani pemesanan kantong sampah plastik hitam & warna, baik untuk perkantoran, supermarket, hotel, dan apartemen. Kami juga melayani pemesanan kantong sampah medis untuk rumah sakit. Barang tidak ready, hanya melayani pemesanan, ukuran sesuai permintaan (custom), minimal pemesanan 300kg per ukuran.

HUBUNGI KAMI:
SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
Phone/Fax: 031- 8830487
Email: limcorporation2009@gmail.com

Trik Rahasia Pemupukan Semangka agar Kualitas Panen Berkualitas

Cara Tepat Budidaya Semangka

Hai, kembali lagi bersama penulis yang akan membahas seputar dunia pertanian, perkebunan, pertanian dan juga perternakan. Apa sebenarnya pupuk yang diterapkan untuk tanaman semangka supaya tumbuh subur, buahnya sangat besar, dan rasa-rasanya manis? 

Apa mereka yang telah berhasil menanam semangka memakai pupuk kandang, phonska, KCL, urea, pupuk organik? Atau, jangan-jangan ada rahasia spesial mengenai pupuk untuk semangka.

Pupuk memang jadi masalah tertentu pada saat menanam semangka. Bila pupuk yang diterapkan tidak pas, seperti tidak pas tipe, jumlah berlebihan atau menyusut, waktu pemupukan yang tidak sesuai usia tanaman, atau langkah program yang salah, akan mengakibatkan produksi buah semangka rendah, buahnya kecil-kecil bak kelereng, dan rasa-rasanya tidak manis bin cemplang

Semangka Terusik Bila kekurangan Elemen hara

Kita mengambil satu contoh saja, yakni kekurangan elemen kalium (K) di saat pembangunan buah semangka. Bila elemen K tidak terpenuhi pada babak itu, karena itu jelas sudah kualitas buah tidak dapat dikasih "cap jempol" alias mutunya rendah. Ukuran buah semangka kecil-kecil, warna dan memiliki bentuk kurang tarik, dan rasa-rasanya juga tidak lezat.

Kenapa semacam itu? Sahabat mungkin ingat mengenai peranan elemen K untuk tanaman. Kalium berperanan membenahi ukuran dan kualitas buah dan menambahkan rasa manis buah. Kalium berperanan dalam pembangunan karbohidrat dan protein selain membuat tanaman lebih tahan pada gempuran penyakit.

Sebenarnya, bukan hanya elemen K, tapi seluruh elemen hara baik makro atau mikro punya pengaruh pada perkembangan dan perubahan tanaman semangka. Beberapa unsur hara fundamental khususnya N, P, dan K perlu ada dengan jumlah yang cukup sesuai babak perkembangannya, baik babak vegetatif atau babak generatif.

Karena itu, petani yang pintar terus lengkapi gizi itu seperti memakai pupuk KCl untuk semangka atau memakai pupuk majemuk seperti pupuk NPK. Secara lengkap, kita bahas berikut ini.

Bukan rahasia kembali, ini pupuk dan pemupukan tanaman semangka

1. Pupuk untuk semangka saat persiapan tempat tanam

Tempat tanam semangka harus bisa ditegaskan subur di mana ada beberapa unsur hara dengan jumlah yang cukup dalam tanah. Karena itu, tempat yang dipesiapkan untuk menanam semangka perlu disuburkan dengan tambahan pupuk landasan. 

Pupuk landasan yang terapkan saat sebelum semangka ditanamkan, yakni pupuk organik berbentuk pupuk kandang atau pupuk kompos dan pupuk kimia. Kecuali pupuk itu, juga bisa ditambah lagi program pupuk organik cair (POC) untuk tingkatkan kesuburan tanah. Karena, dalam POC ada elemen hara, hormon perkembangan, dan ada mikroorganisme dekomposer bahan organik.

Jadi, pupuk landasan yang diterapkan untuk semangka sebagai berikut :

  • Pupuk kandang ; jumlahnya +/- 1 Kg per lubang tanam. Terapkan dengan tempatkan ke dalam lubang tanam. Aduk/campur sampai rata dengan tanah.
  • Pupuk ZA ; Jumlahnya 15 gr per lubang tanam. 
  • Pupuk SP-36 ; Jumlahnya 30 gr per lubang tanam
  • Pupuk KCL ; Jumlahnya 15 gr per lubang tanam

Langkah program pupuk landasan ZA, SP-36, dan KCL ialah dengan ditabur pada lubang tanam dan digabung secara rata dengan tanah. Diamkan pupuk yang telah diberi sepanjang +/- 7 hari saat sebelum menanam semangka.

Kecuali pupuk landasan semangka yang tertera di atas, sesungguhnya masihlah ada kembali pupuknya, yakni Pupuk organik cair (POC). Tapi, pupuk ini opsional saja, jika diaplikasi lebih baik sebab bisa membuat kesuburan tanah. Program POC dengan menyirami/menyemprot lubang tanam sesuai jumlah yang tercantum pada paket.

Sedang pekapuran tanah dengan dolomit dikerjakan bila pH tanah di bawah pH bagus keadaan tumbuh semangka. Jika tanah normal-normal saja, ya tak perlu tambahan dolomit ke tempat tanam semangka.

2. Pupuk untuk semangka sesudah tanam

Sesudah penanaman semangka, pekerjaan menjaga semangka belum habis. Sahabat ada banyak pekerjaan yang perlu dikerjakan khususnya pemupukan susulan.

BACA JUGA:

Pembuatan Greenhouse dari Kombinasi Paranet dengan Bambu

Panduan Lengkap Stek Batang Tanaman Hias Pucuk Merah

Tips Merawat Tanaman Pucuk Merah Agar Tumbuh Dengan Baik dan Indah

Apa tipe pupuk susulan tanaman semangka dan kapan diterapkan? Yok teruskan ke informasi pemupukan susulan semangka seperti berikut ini.

A. Pupuk susulan semangka pada babak vegetatif 

Pemupukan susulan pada babak vegetatif dapat diawali 7 hari sesudah tanam. Tipe dan jumlah pupuk yang diberi sebagai berikut

  • Pupuk ZA ; Jumlahnya 2,5 -4 gr per tanaman
  • Pupuk SP-36 ; Jumlahnya 1,25 – 2 gr per tanaman
  • Pupuk KCL : Jumlahnya 0,75 – 1,25 gr per tanaman

Bila Sahabat gampang memperoleh pupuk majemuk, seperti NPK 15:15:15, NPK 16:16:16, atau phonska, jadi tidak perlu memberi pupuk tunggal ZA, SP-36, dan KCL, cukup terapkan saja NPK dengan jumlah 3-5 gr per tanaman.

Pupuk susulan diberi 7 hari sekali dengan jumlah yang serupa sampai usia tanaman semangka 35 hari sesudah tanam ( 35 HST) atau sampai tanaman semangka mendekati berbunga (babak generatif).

B. Pupuk susulan semangka pada babak generatif 

Pemupukan susulan semangka pada babak generatif diawali pada usia 35 hari sesudah tanam. Tipe dan jumlah pupuk yang diberi sebagai berikut.

  • Pupuk ZA ; Jumlahnya 2,5 - 4 gr per tanaman
  • Pupuk SP-36 ; Jumlahnya 1,25 – 2 gr per tanaman
  • Pupuk KCL : Jumlahnya 3,75 – 6,25 gr per tanaman

Jika ingin lebih sederhana, Sahabat dapat tukar pupuk tunggal itu (ZA, SP-36, dan KCL) dengan NPK atau phonska. Tetapi, pupuk NPK perlu digabungkan dengan pupuk KCL.

Di bawah ini gabungan pupuk dan jumlahnya

  • NPK ; Jumlahnya 3-5 gr per tanaman
  • KCL ; Jumlahnya 3-5 gr per tanaman

Pupuk susulan pada babak generatif diberi 7 hari sekali dengan jumlah yang serupa sampai usia tanaman semangka 49 hari sesudah tanam ( 49 HST)

Langkah program pupuk susulan semangka pada babak vegetatif dan genaratif sama, yakni dengan pengocoran dan juga bisa dengan ditugal dari sisi tanaman.

Pada babak pembungaan dan pembuahan, pupuk organik cair untuk semangka bisa diterapkan untuk lengkapi tersedianya dan ketercukupan elemen hara baik makro atau mikro.

Seperti telah disentil di atas, POC untuk semangka ini memiliki sifat opsional atau opsi saja. Bila diaplikasi POC, karena itu dikerjakan dengan penyemprotan ke tanaman semangka.

Itu rahasia pupuk dan pemupukan tanaman semangka. Dengan tersingkap rahasianya ini, karena itu pupuklah tanaman semangka Sahabat dengan pupuk landasan dan pupuk susulan yang pas supaya tumbuh subur dan kualitas buahnya bagus dan sesuai hasrat pasar.

Oh, iya Sahabat, supaya perkembangan dan perubahan tanaman semangka baik, karena itu kecuali pemupukan, janganlah lupa lakukan perawatan yang lain seperti penyiraman, pemotongan, perawatan buah, dan pengaturan hama dan penyakit tanaman semangka.

Nah, berakhir sudah pembahasan materi untuk artikel kali ini. Jangan lupa share agar semua mendapat informasi yang bermanfaat ini ya. See you later!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Trik Rahasia Pemupukan Semangka agar Kualitas Panen Berkualitas"

Posting Komentar