Selasa, 22 Maret 2016

Manfaat Penggunaan Kantong Sampah

Sampah, satu kata yang sangat erat kaitannya dengan kehidupan kita sebagai manusia. Tak dapat dipungkiri selama manusia masih hidup maka selama itu sampah akan terus diproduksi. Maksud diproduksi disini adalah sampah akan selalu ada. Setiap harinya kita tentu akan menghasilkan sampah baik sampah organik maupun anorganik. Sampah organik seperti dau, sisa buah, sisa makanan seperti nasi, sayur, roti, tulang ikan, tulang ayam dan lain sebagainya.

Biasanya yang tergolong kedalam katagori sampah organik adalah sampah yang berasal dari bahan-bahan alam atau yang mudah diuraikan oleh mikrobio, sampah jenis organik juga biasanya dalam keadaan basah atau lembab. Sedangkan sampah anorganik adalah sampah yang biasanya tidak berasal dari 100% material alami, tidak mudah diuraikan oleh mikrobia dan biasanya dalam kondisi relatif kering. Sampah anorganik biasanya identik dengan plastik seperti kantong plastik, bungkus makanan plastik, styrofoam dan lain sebagainya.

Jenis sampah apapun yang kita hasilkan tentu harus dibuang ketempat sampah, karena sampah yang ditimbun dapat menyebabkan berbagai macam penyakit selain itu bau sampah organik maupun anorganik juga tidak sedap bila terhirup oleh hidung. Oleh sebab itu hampir disemua semua tempat  pasti menyediakan tempat sampah baik di rumah, di kantor, di kamar kos, maupun di kampus serta tempat-tempat umumlainnya bahkan tak jarang di toilet juga ada tempat sampah.

Lantas bagaimana keadaan tempat sampah di rumah anda, apakah anda langsung membuang sampah pada tempat sampah atau melapisi tempat sampah dengan kantong sampah plastik?. Bila anda telah melapisi tempat sampah dengan kantong sampah plastik anda patut bersyukur. Bila belum, segerahlah lapisi tempat sampah anda dengan plastik. Karena anda akan mendapatkan banyak manfaat dengan melapisi tempat sampah dengan kantong sampah plastik. Berikut beberapa manfaat yang akan anda dapatkatkan dengan menggunakan kantong sampah plastik sebagai pelapis tempat sampah anda:

1. Tempat sampah akan terlihat lebih bersih
Jika anda melapisi tempat sampah anda dengan menggunakan kantong sampah plastik tempat sampah anda akan terlihat lebih bersih karena tidak akan ada noda-noda bekas bungkus makanan atau sampah lainnya yang menempel pada tempat sampah anda. Noda-noda dari sampah bekas bungkus makanan atau yang lainnya akan menempel pada kantong sampah plastik yang digunakan sebagai pelapis tempat sampah.

2. Tempat sampah akan terlihat lebih rapi
Ketika anda melapisi tempat sampah anda dengan kantong sampah plastik, secara tidak langsung anda akan mempercantik tampilan dari tempat sampah anda. Dengan melapisi tempat sampah menggunakan kantong sampah plastik sampah-sampah yang masuk tidak akan terlihat dari luar, karena yang akan terlihat dari luar hanyalah warna dari kantong sampah plastik yang melapisi tempat sampah tersebut.

3. Tidak akan terjadi kebocoran
Sering kita jumpai tempat sampah yang terbuat dari plastik mempunyai rongga-rongga atau lubang-lubang pada setiap sisinya. Rongga-rongga tersebut dapat menyebabkan terjadinya kebocoran pada tempat sampah anda. Misalnya saja ketika anda menggunakan tempat sampah jenis ini untuk membuang sampah organik seperti limbah rumah tangga semisal sisa nasi dan lauk pauk maka kemungkinan limbah rumah tangga tersebut dapat tercecer keluar dari tempat sampah, belum lagi apabila limbah rumah tangga tersebut menggandung air maka airnya dapat tercecer kemana-mana. Namun semua hal tersebut tidak akan terjadi ketika anda menggunakan kantong sampah plastik sebagai pelapis tempat sampah. Kantong sampah plastik dapat memastikan sampah seperti limbah rmah tangga aman didalamnya dan tidak akan tercecer keluar tempat sampah, karena kantong sampah plastik rapat atau tidak memiliki rongga dan tahan terhadap air.

4. Mengurangi bau sampah
Tidak dapat dipungkiri bahwa yang namanya sampah pasti akan mengeluarkan bau yang tidak sedap, oleh sebab itu pelapisan tempat sampah dengan menggunakan kantong sampah plastik dapat mengurangi bau dari sampah-sampah tersebut. Ketika anda mebuang sampah kedalam tempat sampah yang telah dilapisi dengan kantong plastik sampah tersebut dapat anda tutup dengan mengikat kantong sampah plastik sehingga bau dari sampah tersebut tidak akan merebak kemana-mana.

Itulah beberapa manfaat dari penggunaak kantong sampah plastik, jadi mulaiah gunakan kantong sampah plastik untuk melapisi tempat sampah anda sekarang.
Baca juga Macam dan Jenis Kantong Sampah Plastik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar