Senin, 17 Oktober 2016

Manfaat Kantong Sampah Untuk Sekolah

Segala barang sisa aktivitas yang dilakukan oleh makhluk hidup dapat dikatagorikan kedalam jenis sampah. Baik aktivitas manusia, tanaman, dan tumbuhan pasti meninggalkan sisa produk yang tidak terpakai. Keberadaan sampah sangat mengganggu jika tidak dikelola dengan baik. Bau yang ditimbulkan sampah dapat berakibat munculnya banyak penyakit.

Sampah di sekitar sekolah yang tidak terkelola dengan baik dapat menganggu aktivitas belajar siswa. Bukannya tidak mungkin pada jangka aktu tertentu bau tersebut dapat menjadi penyebab menurunnya hasil belajar siswa. Sekolah sebagai tempat penempaan bagi anak bangsa harusnya mampu memberikan pendidikan hidup (life education) kepada peserta didiknya. Mengajarkan mereka bertanggung jawab atas segala perbuatannya dan merawat lingkungan dengan baik  sebagai salah satu bentuk penghargaan kepada Tuhan atas limpahan nikmat yang telah diberikan. Memperlakukan sampah dengan adil dan bijaksana menjadi pelajaran penting diluar pelajaran pokok bagi sisiwa. Mengelola sampah di sekitar sekolah akan memeberikan pengalaman hidup yang baik kepada para siswa. Prinsip 4 R (reduce, reuse, recycle, dan replace ) menjadi hal pertama yang ditanamkan kepada siswa pada era pemanasan global ini.

#Baca juga Keunggulan Kantong Plastik Sampah
Untuk info harga kantong plastik sampah terupdate silahkan klik DISINI.

Berbagai ukuran kantong sampah telah ditawarkan oleh pabrik kantong sampah. Sekolah tinggal memilih berapa ukuran kantong sampah yang dibutuhkan. Penggunaan kantong sampah di sekitar sekolah memberikan banyak manfaat yang dapat diambil. Beberapa manfaat yang dapat sekolah ambil dari penggunaan kantong sampah adalah sebagai berikut:

1.Membuat lingkungan sekolah menjadi lebih rapi dan bersih.
Alangkah lebih bijaksanya jika setiap kelas disediakan minimal dua tempat sampah, untuk sampah organik dan anorganik, lebih baik lagi jika bisa menambah tempat sampah yang mampu digunakan kembali atau yang mampu didaur ulang. Masing-masing tempat sampah tersebut kemudian dilapisi dengan kantong sampah. Pemisahan sampah dan penggunaan kantong sampah dapat mencegah terjadinya bau sampah di sekitar sekolah.

2.Kantong sampah akan memudahkan dalam membungkus sampah sekolah.
Sebagaimana fungsinya  kantong sampah berfungsi untuk membungkus sampah yang ada di dalah tempat sampah. Dengan menggunakan kantong sampah Anda akan lebih mudah dalam membungkus sampah sekolah. Tinggal mengangkat kantong sampah, maka sampah Anda akan terbungkus dengan rapi. Bungkusan sampah tersebut kemudian dapat Anda kumpulkan sesuai dengan jenisnya.

3.Kantong sampah membuat kebersihan tempat sampah lebih lama.
Kantong sampah dapat membantu sekolah Anda dalam penghematan anggaran. Terlapisinya tempat sampah sekolah Anda dengan kantong sampah akan mampu menjaga kebersihan tempat sampah di sekitar sekolah. Tempat sampah akan lebih awet jika dilapisi dengan kantong sampah.

4.Memudahkan guru dalam menanamkan cinta lingkungan kepada siswa.
Penggunaan kantong sampah di sekolah akan mampu membantu guru dalam menanamkan cinta kebersihan kepada siswa. Kepraktisan dan kedisiplinan dalam membuang sampah akan tertanam dalam diri siswa. Dengan membuat tempat sampah dilapisi kantong sampah yang berbeda antara satu dengan lainnya akan memudahkan Anda mengontrol seberapa besar pemahaman siswa terhadap limbah sampah yang dihasilkan olehnya. Sekolah perlu memberikan petunjuk kepada siswa mengenai perbedaan fungsi satu tempat sampah dengan tempat sampah lainnya dengan menggunakan prinsip 4 R.

#Baca juga Perbedaan Jenis Plastik Sampah HD dan PE

Kantong sampah yang biasanya digunakan untuk lingkungan sekolah adalah kantong sampah warna hitam. Kantong sampah warna hitam sudah sangat familiar digunakan oleh orang kebanyakan. Kantong sampah warna hitam dalam berbagai macam ukuran dapat Anda miliki baik secara online ataupun offline. Banyak yang jual kantong sampah dalam partai besar, sehingga sekolah dapat mendapatkan kantong sampah dengan harga murah.
Demikian uraian mengenai manfaat penggunaan kantong sampah bagi sekolah. Semoga bisa menambah wawasan Anda dalam lebih menjaga kebersihan lingkungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar