Senin, 12 Desember 2016

Mengenal Lebih Dekat Aneka Tempat Sampah serta Fungsinya

Anda pernah kebingungan mencari kantong sampah dengan ukuran tempat sampah tertentu? Saat ini di beberapa toko peralatan rumah tangga impor banyak dijumpai tempat sampah dengan berbagai ukuran yang tak lazim, sehingga konsumen sering kali kesulitan mencari ukuran kantong sampah tertentu. Bentuk tempat sampahnya yang menarik serta berwarna, terkadang membuat konsumen tergoda untuk membeli. Namun saat harus mencari yang jual kantong sampah dengan ukuran sesuai, mengalami kesulitan.

Terutama jika tempat sampah tersebut berukuran super besar dan membutuhkan ukuran kantong sampah yang juga super besar, misal di atas 50kg. Hanya toko tertentu yang menjual kantong sampah tersebut, terutama toko peralatan rumah tangga impor. Selain bentuk tempat sampahnya menarik, kantong sampahnyapun dibuat berwarna warni, tersedia dalam berbagai ukuran kantong sampah, serta tidak kaku. Sangat berbeda dengan penampakan kantong sampah standar yang berupa kantong sampah hitam, tebal dan kaku.
#Baca juga Manfaat Kantong Sampah Untuk Sekolah.

Pada dasarnya, tempat sampah standar terbuat dari bahan plastik, yang paling murah terbuat dari limbah plastik bekas yang diolah kembali. Warna yang dihasilkan dari limbah plastik ini, tidak secerah tempat sampah yang terbuat dari bijih plastik. Kekuatannyapun tidak sekokoh tempat sampah plastik yang berasal dari bahan berkualiatas.

Di gedung-gedung perkantoran, pusat perbelanjaan modern, serta rumah sakit, sering ditemui aneka tempat sampah berbagai ukuran dan bentuk yang terbuat dari bahan stainless steel. Tempat sampah ini memang terlihat lebih bersih dan tidak mengganggu pemandangan sekitarnya. Setiap beberapa jam sekali, petugas kebersihan mengambil sampah yang tertampung di dalamnya. Sampah terbanyak biasanya berupa botol minuman kemasan, bungkus makanan ringan, tissue serta puntung rokok.
Tempat sampah yang terbuat dari bahan plastik maupun stainless steel ada yang bertutup dan diberi pijakan agar dapat membuka serta menutup tempat sampah tanpa perlu membungkuk, cukup dengan menginjakkan kaki pada pedalnya.
#Baca juga Fungsi Kantong Sampah Medis Berdasarkan Warna.

Selain dari bahan plastik dan stanless steel, ada tempat sampah yang terbuat dari bahan fiber glass. Ukurannya biasanya lebih besar dari tempat sampah standar di rumah tangga. Ada yang berbentuk digantung dan yang lebih besar beroda di bagian bawahnya, untuk memudahkan proses pemindahan sampah oleh petugas kebersihan. Bahkan banyak tempat sampah yang terbuat dari bahan fiber glass yang diletakkan di keramaian, didesain dengan berbagai bentuk yang menarik dan lucu, serta berwarna warni. Misalnya tempat sampah fiber glass berbentuk kodok gendut dengan mulut terbuka sebagai lubang untuk memasukkan sampah.

Untuk memudahkan pengolahan sampah, biasanya pihak pengelola membedakan tempat sampah berdasarkan jenis sampah yang dihasilkan. Misal, tempat sampah berwarna hijau untuk sampah organik yang dapat diolah menjadi pupuk seperti sampah sisa makanan dan dedaunan.  Tempat sampah berwarna kuning untuk sampah anorganik yang dapat didaur ulang, seperti kertas, botol, kaleng dan plastik. Serta tempat sampah berwarna biru untuk sampah berbahaya, seperti kaleng kemasan pembasmi serangga, dan lain-lain.
#Klik DISINI untuk dapatkan info harga kantong plastik sampah terupdate.

Sebagus apapun serta seberapapun banyaknya tempat sampah yang disediakan, tidak akan mendatangkan manfaat jika budaya membuang sampah pada tempatnya belum menjadi sebuah kebiasaan bagi setiap individu.  Kebiasaan ini akan tertanam menjadi sebuah habit dan kebutuhan, jika dibiasakan sejak dini. Ajari anak kita untuk selalu membuang sampah pada tempatnya. Jika tidak menemukan tempat sampah, ajari mereka untuk menyimpannya hingga menemukan tempat sampah.  Sesungguhnya kebersihan itu akan selalu berkaitan dengan keindahan dan kepedulian.
Sudah pedulikah kita dengan lingkungan???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar