Rabu, 02 Agustus 2017

Apa Sih Manfaatnya Kantong Sampah Hitam dan Warna??

Sampai saat ini sampah menjadi problem yang tak ada habisnya dalam kehidupan di bumi ini. Berjuta-juta ton sampah dihasilkan setiap harinya. Penanganan yang tepat sangatlah dianjurkan untuk mengatasi sampah – sampah yang semakin bertambah ini. Lalu bagaimanakah peran kita sebagai warga masyarakat dalam problem ini? Tentunya bukan hanya menjadi produsen sampah dari barang – barang yang kita konsumsi setiap harinya ya, kita bisa melakukan peran dalam menanggulangi masalah sampah ini dengan ikut serta menyediakan kantong sampah hitam atau kantong sampah warna di rumah dan kendaraan pribadi kita.

Ada berbagai tempat yang jual kantong sampah sesuai kebutuhan kita, dari mulai kantong sampah hitam, kantong sampah warna, dan kantong sampah medis serta berbagai ukuran kantong sampah yang dibutuhkan tersedia di toko – toko ataupun pabrik kantong sampah. Kita bisa menyisihkan sebagian uang kita dan mengalokasikannya untuk pembelian kantong sampah ini. Biasanya pabrik kantong sampah akan memberikan harga yang lebih murah daripada di toko, jika kita ingin membeli dalam jumlah banyak.
Kita bisa menilik kembali berbagai aktivitas keseharian yang menghasilkan sampah paling banyak. Ambil contoh dalam hal belanja, kemasan dari barang – barang belanjaan biasanya terbuat dari plastik, kertas, kardus, dan lain – lain. Semuanya akan terbuang begitu saja setelah barang atau benda yang kita pakai habis atau telah digunakan. Sampai kita lupa akan efeknya bagi lingkungan.
*Baca juga Kantong Sampah buat Isi Kantong Bertambah

Satu kegiatan ringan yang kita bisa lakukan untuk mendukung pelestarian lingkungan kita adalah dengan memasukkan sampah – sampah di rumah ke dalam kantong sampah hitam yang disediakan. Lebih bagus lagi apabila kita memilah terlebih dahulu sampah yang akan kita buang. Mana sampah organik dan anorganik, seperti halnya di rumah sakit yang memisahkan sampah medis dengan kantong sampah medis yang berwarna kuning. Kita bisa menggunakan kantong sampah warna lainnya seperti biru, kuning, hijau untuk sampah – sampah lainnya.

Pengelolaan sampah sangatlah dianjurkan, hal ini perlu diperhatikan demi kebaikan bersama. Jangan sampai kita lalai dan mengakibatkan efek yang bisa merugikan orang lain. Misalnya dalam pembuangan sampah rumah tangga yang mengakibatkan pencemaran lingkungan sehingga tetangga sebelah rumah ikut merasakan dampaknya pula. Maka dari itu kita harus selalu menyediakan kantong sampah hitam atau kantong sampah warna di rumah kita.

Kantong sampah hitam atau kantong sampah warna bisa dimasukan ke dalam kotak sampah yang ada di rumah, sehingga setelah sampah menumpuk penuh di kotak, kita tinggal mengangkat kantong sampah tersebut, mengikatnya, dan membuangnya di pembuangan sampah untuk diangkut oleh petugas kebersihan yang berkeliling. Upaya ini demi menjaga kelestarian lingkungan tempat tinggal kita. Karena kalau bukan kita yang menjaga, lalu siapa lagi?
*Jangan lewatkan juga mari simak Info Harga Plastik Sampah

Kita hanya perlu niat disertai usaha untuk pengadaan kantong sampah. Kantong sampah yang diproduksi pabrik kantong sampah sangat beranekaragam dari segi warna dan ukuran. Dan pastinya mereka menyediakan dengan harga yang sangat terjangkau. Kita bisa pilih mana yang paling tepat ukuran kantong sampah yang akan kita gunakan disesuaikan dengan kebutuhan kita. Dari segi warna juga bisa menjadi pilihan yang patut kita acungi jempol, sehingga kita bisa memasukkan sampah dengan jenis tertentu ke dalam kantong sampah warna yang berbeda.

Lingkungan yang bersih akan tercipta jika kita yang menjaga. Tak ada kata lelah untuk melakukan ini karena semua ini merupakan usaha untuk kebaikan bersama. Jika hanya karena kantong sampah hitam kita bisa menjaga lingkungan untuk masa depan, percayalah kita tak akan menyesal nantinya. Namun jika karena kantong sampah hitam ini kita tak mau mengusahakannya, kita atau anak cucu kita pasti akan menanggung akibatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar