PRODUSEN KANTONG SAMPAH PLASTIK

PRODUSEN KANTONG SAMPAH PLASTIK (TRASH BAG)
Melayani pemesanan kantong sampah plastik hitam & warna, baik untuk perkantoran, supermarket, hotel, dan apartemen. Kami juga melayani pemesanan kantong sampah medis untuk rumah sakit. Barang tidak ready, hanya melayani pemesanan, ukuran sesuai permintaan (custom), minimal pemesanan 300kg per ukuran.

HUBUNGI KAMI:
SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
Phone/Fax: 031- 8830487
Email: limcorporation2009@gmail.com

7 Tanaman Pencegah Banjir, Mulai dari Porang Hingga Bambu

7 Tanaman Pencegah Banjir

Halo para pembaca setia! Siap menerima informasi hari ini? Nah, kali ini kita akan membahas soal 7 tanaman pencegah banjir.

Akar tanaman dapat menyerap air agar tidak menggenang dan menyebabkan banjir. Untuk itu, Anda bisa mulai melakukan hal tersebut dengan menanam tanaman di sekitar rumah. Nah, berikut ini rekomendasi tanaman yang cocok untuk ditanam sebagai pencegah banjir. Selain itu, halaman rumah Anda juga akan terlihat lebih menarik.

1. Pohon Mangga

Pohon mangga merupakan salah satu pohon yang paling sering ditanam di pekarangan rumah. Selain tak memerlukan tempat yang luas dan besar, cara menanam serta merawat pohon mangga juga tak terlalu mereputkan. Selain bisa dinikmati buahnya, daun pohon mangga yang rindang juga bisa melindungi rumah dari sengatan sinar matahari. Akar pohon ini akan menyerap air yang mengalir saat hujan sehingga dapat mencegah terjadinya banjir.

BACA JUGA:

Manfaat dan Keunikan Bunga Teratai yang Jarang di Ketahui

Mari Berkenalan dengan Pohon Siwalan, Tanaman Serbaguna

Budidaya Ikan Lele Menggunakan Paranet! Mencegah Lumut Pada Kolam

2. Menanam Vetiver

Tanaman ini dapat menahan gempuran aliran hujan yang deras, selain menjaga kestabilan tanah. Sehingga cocok sebagai upaya mitigasi bencana jangka pendek.

Vetiver juga dikenal sebagai Vetiver. Yakni sejenis rumput yang berasal dari India (nama latinnya chrysophogon zizaionide). Tumbuhan ini memiliki banyak manfaat bagi lingkungan. Daunnya antara lain dapat bermanfaat untuk menyerap karbon, pakan ternak, mengusir hama, bahan atap, dan bahan dasar kertas. Bagian akar berguna untuk mencegah longsor dan banjir, meningkatkan kualitas air, melindungi infrastruktur, menyuburkan tanah dan menyerap racun.

3. Porang 

Selain tanaman tersebut, anda juga bisa imbangi dengan tanaman porang yang kini menjadi primadona. Pasalnya sudah banyak permintaan dari beberapa negara terutama China, Jepang dan Korea untuk dijadikan bahan baku beras.

4. Pohon Jambu air

Pohon jambu air merupakan salah satu tanaman yang paling banyak ditanam di depan rumah. Batang yang kokoh serta daunnya yang sangat lebat memberi kesan pemandangan rindang pada halaman anda. Pohon ini juga sangat kokoh dan memiliki perakaran yang kuat sehingga dapat menguatkan tanah dan menyerap aliran air saat hujan deras.

5. Kiran Payung

Kiara Payung memiliki ciri daun yang lebat dengan warna hijau tua, dan tekstur yang kuat. Payung kiara tahan terhadap panas dan terik matahari, dengan batang yang dimiliki sangat keras, pohon yang satu ini sangat kuat dan dapat menahan angin kencang.

Pohon peneduh ini dapat tumbuh hingga setinggi 5 meter atau bahkan lebih dari itu, namun pada umumnya pohon Kiara Payung memiliki tinggi rata-rata 5 meter dan diameter tajuk hingga 10 meter, namun jika pohon Kiara Payung ditanam di kiri dan kanan. Sebelah kanan jalan perkotaan yang biasanya lebar jalan mencapai lebih dari 11 meter, sehingga pohon yang sangat rindang ini bisa menutupi badan jalan dengan daunnya.

Kiara Payung dapat berfungsi sebagai pemandu angin, menyaring udara yang tercemar (polutan), mereduksi suara, mencegah erosi, melindungi dari sengatan sinar matahari dan air hujan, serta dapat juga menjadi pengatur visual dan memiliki nilai estetika. Tanaman kiran payung dapat menyerap karbondioksida sejumblah 404,83 Kg/pohon/tahun.

6. Pohon Beringin

Pohon beringin dapat menjamin ketersediaan air karena memiliki kemampuan menyimpan cadangan air pada saat musim hujan dengan baik seta melepaskan air pada saat musim kemarau tiba secara teratur. Pohon beringin banyak tumbuh di daerah perairan seperti tepian sungai. Biasanya pohon ini membuat mata air sendiri disekitar akarnya dan ketika musim kemarau tiba terbukti mata air tersebut lebih awet dari pada sungai itu sendiri.

Selain memiliki pengelolaan irigasi yang baik, pohon beringin merupakan penguat lereng secara alami. Pohon ini dapat mencegah erosi karena akarnya yang kuat dan mampu tumbuh bahkan di atas bebatuan. Struktur akar yang dalam dan akar lateral mampu mencengkeram tanah dengan baik. Posturnya yang teduh memungkinkan siapa saja yang duduk di bawahnya bisa menghirup udara segar. Daun dan akar gantungnya mampu mengubah karbondioksida dan timah hitam menjadi oksigen.

7. Bambu

Pohon bambu bisa memberikan kesan indah jika ditanam di halaman rumah. Selain itu, suara gemerisik daun saat tertiup angin bisa menjadi alunan musik natural yang membawa ketenangan ke seluruh rumah. Untuk halaman rumah yang tidak terlalu luas, Anda bisa memilih jenis bambu hias yang akan ditanam dan digunakan sebagai pohon pencegah banjir atau longsor.

Itu tadi ulasan singkat artikel tentang 7 Tanaman Pencegah Banjir, Mulai dari Porang Hingga Bambu. Semoga bisa menambah wawasan kita semua, Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " 7 Tanaman Pencegah Banjir, Mulai dari Porang Hingga Bambu"

Posting Komentar

LANGGANAN