PRODUSEN KANTONG SAMPAH PLASTIK

PRODUSEN KANTONG SAMPAH PLASTIK (TRASH BAG)
Melayani pemesanan kantong sampah plastik hitam & warna, baik untuk perkantoran, supermarket, hotel, dan apartemen. Kami juga melayani pemesanan kantong sampah medis untuk rumah sakit. Barang tidak ready, hanya melayani pemesanan, ukuran sesuai permintaan (custom), minimal pemesanan 300kg per ukuran.

HUBUNGI KAMI:
SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
Phone/Fax: 031- 8830487
Email: limcorporation2009@gmail.com

Energi Alternatif Terbuat dari Limbah Sampah, Apakah Mungkin?

Jual Kantong Sampah di Surabaya - Lim Corporation

Sampah di daerah perkotaan masih menjadi persoalan serius. Karena laju produksi sampah kota terus mengalami peningkatan setiap tahun.

Keberadaan sampah kota yang tidak dikelola dengan baik menjadi dampak buruk bagi kesehatan masyarakat. Di sisi lain sampah kota dapat dijadikan sebagai sumber energi alternatif.

Saat ini pemerintah dan masyarakat sudah melakukan berbagai upaya pengelolaan sampah. Salah satunya adalah dengan pemusnahan menggunakan insinerator.

Di beberapa negara maju, insinerator tidak hanya digunakan untuk membakar sampah, namun juga digunakan sebagai pembangkit energi listrik. Tetapi, di Indonesia insinerator baru digunakan untuk memusnahkan sampah.

Baca Juga:
"Sayangnya, penggunaan insinerator di Indonesia dinilai kurang efektif," kata mahasiswa program doktor UGM, Edy Wiyono.

Dosen Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS) ini menyampaikan, kondisi sampah yang tercampur dalam kadar air yang tinggi akan menyebabkan proses pembakaran dengan insinerator menjadi tidak efektif.

Tidak hanya itu, penggunaanya pun dinilai tidak efisien sebab memerlukan burner yang menyala terus menerus sepanjang proses pembakaran. Umumnya, burner menggunakan bahan bakar berupa minyak atau gas sehingga menyebabkan biaya operasional yang tinggi.

"Sebabnya gas hasil proses pembakaran bersifat tidak ramah lingkungan dan energi panas hasil pembakaran sampah juga belum dimanfaatkan," katanya.

Untuk mengubah sampah sebagai energi alternatif, Edy menuturkan, diperlukannya upaya perbaikan kinerja insinerator supaya energi yang dihasilkan dapat dimanfaatkan.

Salah satunya dengan mengoptimalkan kondisi operasional insinerator. Kondisi operasional yang optimal dapat diperoleh apabila mekanisme proses pembakaran yang terjadi dalam ruang bakar diketahui. Pasalnya ada beberapa jenis sampah yang dapat berpengaruh terhadap suhu pembakaran.

Misalnya sampah kain katun, plastik polietilen, kertas, dan sampah campuran dengan kadar air hingga 40 persen mampu terbakar dengan sendirinya. Sementara itu, sampah basah dengan kadar air lebih dari 80 persen tidak dapat terbakar dengan sendirinya.

"Jenis plastik polietilen akan memberikan suhu pembakaran tertinggi pada pembakaran sampah perkomponen. Sedangkan sampah campuran menunjukkan hasil suhu maksimum ruangan lebih rendah dibandingkan dengan pembakaran sampah perkomponen," paparnya.

Edy juga menjelaskan laju pasokan oksigen berpengaruh terhadap suhu ruang bakar dan laju perubahan massa. Peningkatan laju pasokan oksigen akan meningkatkan suhu ruang bakar dan laju perubahan massa hingga titik kritis sebesar satu per menit.  Peningkatan laju oksigen yang melebihi titik kritis mengakibatkan suhu ruang bakar menjadi turun dan laju perubahan massa juga menurun.


"Penambahan laju pasokan oksigen pada pembakaran sampah kota akan semakin memperkecil konsentrasi CO, NOx, dan SOx pada gas hasil sebaliknya CO2 justru meningkat," ungkapnya.

Ia menyampaikan pembakaran sampah untuk energy kalor, disarankan merupakan sampah dengan kadar air maksimum sebesar 25 persen.

Adapun jenis sampah yang bisa digunakan sebagai bahan bakar untuk pengeringan sekaligus pembangkit steam adalah sampah tunggal jenis kain katun, plastik polietilen, dan sampah campuran dengan komponen plastik polietilen minimum 40 persen dan sampah basah maksimum 20 persen.

Sementara jenis sampah yang dapat dijadikan sebagai bahan bakar pembangkit steam saja adalah sampah tunggal jenis kain katun dan plastik polietilen, serta sampah campuran dengan komponen sampah basah maksimum 20 persen.

"Kertas tidak layak digunakan sebagai bahan bakar tunggal insinerator," kata Edy.

Agar kinerja insinerator berjalan efektif dan efisien, Edy menyarankan untuk melakukan pemilahan sampah segar berdasarkan komponennya.

Selain itu juga perlu dilakukan proses pencacahan sampah segar yang dijadikan sebagai umpan pembakaran dan kadar air pada sampah yang akan dibakar tidak lebih dari 25 persen.

Jual Kantong Sampah Harga Murah

*Info lengkap mengenai harga Kantong Sampah Plastik silahkan klik DISINI

Bila Anda membutuhkan dan ingin memesan Kantong Sampah Plastik atau Plastik Pertanian & Perkebunan untuk budidaya tanaman atau untuk pembibitan atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

CATATAN:
- Minimal order 300 kg/ukuran/warna, ukuran custom
- Harga netto (tdk termasuk PPN)
- Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
- Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Energi Alternatif Terbuat dari Limbah Sampah, Apakah Mungkin?"

Posting Komentar

LANGGANAN