PRODUSEN KANTONG SAMPAH PLASTIK

PRODUSEN KANTONG SAMPAH PLASTIK (TRASH BAG)
Melayani pemesanan kantong sampah plastik hitam & warna, baik untuk perkantoran, supermarket, hotel, dan apartemen. Kami juga melayani pemesanan kantong sampah medis untuk rumah sakit. Barang tidak ready, hanya melayani pemesanan, ukuran sesuai permintaan (custom), minimal pemesanan 300kg per ukuran.

HUBUNGI KAMI:
SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
Phone/Fax: 031- 8830487
Email: limcorporation2009@gmail.com

Tanaman Cabe Diserang Penyakit Bulai? Ini 6 Cara Mengatasinya

Produsen Kantong Sampah Plastik High Quality - Lim Corporation

Budidaya cabe masih menjadi primadona di kalangan petani, mengingat potensi keuntungan yang bisa di dapat. Sampai saat ini berbagai cara menanam cabe terus saja di kembangkan.

Bukan hanya para petani di pedesaan, bahkan dengan metode tanam modern, sekarang masyarakat perkotaan sudah mulai membudidayakan tanaman cabe baik untuk konsumsi prbadi maupun untuk di jual.

Meski terlihat menjanjikan, namun budidaya cabe juga tak lepas dari ancaman hama serta penyakit. Salah satu penyakit tanaman cabe adalah daun bulai (gemini). Maka dari itu kali ini kami akan membahas mengenai cara mengatasi penyakit bulai (Gemini) pada tanaman cabe.

Penyakit bulai ini sebenarnya penyakit internal tanaman yang gejalanya bisa terlihat dari luar. Penyakit bulai terjadi di karenakan infeksi virus gemini pada jaringan tanaman. Penyakit ini akan menyebar dan merusak klorofil tanaman dan akibatnya daun tanaman kehilangan warna hijaunya. Untuk lebih jelasnya mari kita simak tentang cara mengatasi penyakit bulai (gemini) pada cabe.

1. Penyakit Daun Bule (gemini) pada Tanaman Cabe.

Sesuai namanya, di sebut bule sebab warna daun tanaman akan berubah menjadi kekuningan. Hal ini seperti dengan rambut seseorang yang berwarna pirang dan akan disebut bule di Indonesia.

Pada tanaman cabe penyakit bulai kerap terjadi di musim kemarau di mana populasi serangga vektor meningkat. Kemampuan fotosintesis tanaman yang terserang bulai akan menurun. Hal ini akan berdampak pada produktifitas tanaman cabe di mana jumlah buah akan menurun dan banyak bunga dan buah yang rontok.

2. Gejala Penyakit Bulai Daun.

Gejala penyakit bule daun sangatlah jelas yakni warna daun yang semula hijau lalu muncul bercak kuning cerang dan bercak tersebut terus menyebar ke daun – daun muda sehingga warna kuning akhirnya mendominasi daun tanaman. Ini berarti zat hijau daun (klorofil) tanaman banyak yang sudah rusak.



3. Penyebab Penyakit Bulai pada Tanaman Cabe.

Penyebab penyakit bulai pada tanaman cabe ialah virus gemini. Virus ini tidak dapat masuk kedalam jaringan tanaman tanpa dibawa oleh vektor.
Dan yang menjadi vektornya ialah serangga penghisap daun seperti kutu daun dan aphids.

Serangga thrips dan aphids yang telah terjangkit virus gemini akan menghisap cairan daun tanaman cabe. Katika itulah virus pada serangga dapat masuk ke jaringan tanaman. Virus ini akan terbawa keseluruh jaringan tanaman dan membelah diri sambil menyerang klorofil pada tanaman cabe.


4. Tanaman Inang Penyakit Bulai.

Tanaman inang penyakit ini sangat banyak jenisnya. Hal ini karena virus gemini yang cepat berevolusi dan menciptakan hormon pengenal anti bodi tanaman sehingga ia bisa menjangkit tanaman yang mungkin aslinya bukan termasuk inangnya.

Beberapa tanaman seperti cabe, tomat, terong, jagung, semangka, melon, dan masih banyak lagi adalah tanaman inang virus gemini. Saat ini sudah banyak di kembangkan bibit tanaman tahan virus gemini supaya menekan serangan penyakit bulai yang dapat menurunkan produksi tanaman.

5. Cara Mencegah Penyakit Bulai.

Sampai saat ini terus di lakukan riset untuk menemukan cara terbaik mengatasi penyakit bulai (gemini) pada tanaman cabe. Langkah pertama yang tepat adalah dengan melakukan tindakan pencegahan, sebab mencegah lebih baik daripada mengobati. Beberapa hal yang dapat di lakukan untuk mencegah penyakit bulai (gemini) pada cabe adalah berikut ini:
  • Menanam varietas cabe yang tahan virus gemini. Artinya tanaman ini mempunyai ketahanan secara genetik terhadap seranagan virus gemini sampai-sampai tanaman tidak mudah terjangkit penyakit bulai. Tanaman seperti ini di peroleh dari hasil persilangan berkali-kali hingga di dapat bibit unggul.
  • Menggunakan pupuk dasar yang kompleks dan seimbang.
  • Mengendalikan serangga vektornya yaitu dengan cara menyemprotkan insektisida berbahan aktif abamektin atau dimetoat secara berkala. Penyemprotan sebaiknya di lakukan saat sore hari ketika hama thrips dan aphids muncul kepermukaan.
  • Menerapkan Cara Menanam Cabe dengan Sistem Plastik Mulsa di karena plastik mulsa dapat memantulkan cahaya matahari dan menakuti aphids serta thrips pada siang hari.
  • Melakukan rotasi tanam (pergiliran tanam) guna membatasi siklus hidup virus gemini.
  • Menyemprotkan anti virus tanaman berbahan hidroksibenzoat diawal tanam agar meningkatkan daya tahan tanaman terhadap serangan virus. Di harapkan sesudah melakukan tindakan pencegahan diatas maka tidak terjadi serangan bulai (gemini) diambang batas normal.
6. Cara Mengatasi Penyakit Bulai (Bule) pada Cabe.

Jika sudah di lakukan tindakan preventif (pencegahan) namun masih saja terjadi serangan bulai diambang batas wajar, akan dari itu anda harus segera mengambil tindakan cepat seperti berikut :

  • Secepat mungkin menyemprotkan insektisida berbahan aktif abamektin di roling dengan dimetoat sehari sekali selama 3 hari berturut-turut. Setelah itu gunnakan insektisida sistemik.
  • Semprotkan antivirus tanaman berbahan aktif hidroksibenzoat untuk proses penyembuhan dari dalam karena sifat hidroksibenzoat ialah antivirus, antibiotik, anti inflamasi dan antifungal.
  • Semprotkan zpt Auxin untuk memacu pertumbuhan tunas baru.
  • Semprotkan Pupuk Organik Cair yang mengandung N (nitrogen), P (phospat) dan K (Kalium) serta unsur mikro dan asam amino untuk membentuk klorofil kembali.
Pemakain pupuk nitrogen yang berlebihan memang akan melemahkan daya tahan tanaman terhadap infeksi virus gemini. Hal ini dapat terlihat dengan jelas pada tanaman cabe dan jagung.

Jual Kantong Sampah Plastik
*Info lengkap mengenai harga Kantong Sampah Plastik silahkan klik DISINI

Bila Anda membutuhkan dan ingin memesan Kantong Sampah Plastik atau Plastik Pertanian & Perkebunan untuk budidaya tanaman atau untuk pembibitan atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

CATATAN:
- Minimal order 300 kg/ukuran/warna, ukuran custom
- Harga netto (tdk termasuk PPN)
- Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
- Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tanaman Cabe Diserang Penyakit Bulai? Ini 6 Cara Mengatasinya"

Posting Komentar